Kamis, 19 September 2019

Cara Membuat Nota Pembelian di Microsoft Excel

BAGAIMANA CARA MEMBUAT NOTA PEMBELIAN DI MICROSOFT EXCEL?

1. Buat dahulu kolom-kolom yang diperlukan untuk membuat nota. Banyak sedikitnya, tergantung keperluan kalian.


2. Untuk menuliskan tanggal nota, menggunakan rumus =NOW() lalu klik enter, maka akan muncul seperti ini :


3. Setelah itu, isi nama-nama barang, jumlah, dan harga satuan. Dan jangan lupa memberi titik di nominal harganya dengan mengklik "NUMBER", lalu centang "USE 1000 SEPARATOR", begini contohnya:



4. Jangan lupa menambahkan satuan, dengan cara klik "CURRENCY", nanti hasilnya akan seperti ini :



5. Setelah itu, buat tabel pembantu sebagai bantuan untuk menghitung total harga. Tabel pembantu ini mempermudah dalam perhitungan total harga. Mengapa menggunakan tabel pembantu? Karena jika tidak menggunakan tabel pembantu, total harga tidak akan muncul ketika mengalikan harga satuan dengan jumlahnya (karena di dalam "JUMLAH" sudah tersisipkan kata". Seperti ini :


Ketika ini di enter, maka hasilnya akan memunculkan "VALUE!", seperti ini:


6. Maka, untuk solusinya harus membuat tabel pembantu, seperti ini:


7. Setelah tabel pembantu sudah siap, maka penghitungan total harga sudah bisa dilakukan dengan cara mengalikan jumlah dan harga satuan yang ada di tabel pembantu. Contohnya seperti ini:


Kemudian, enter dan drag ke bawah untuk hasil selanjutnya:

8. Kalau sudah selesai seperti ini, maka tabel pembantu harus di "HIDE" agar tidak terlihat di sheet. Caranya adalah; tabel pembantu ini terletak di I dan J, maka klik "I", kemudian klik kanan, lalu klik "HIDE", seperti ini :


Lakukan hal yang sama pada kolom "J", setelah keduanya sudah di hide maka tidak akan muncul di sheet, seperti ini:


Tabel pembantu sudah berhasil di hide dan tidak muncul di sheet lagi.

9. Tambahkan total harga, untuk menghitung keseluruhan harga:


10. Menghitung total harga menggunakan rumus =SUM(.....), seperti ini:

 
Kemudian enter, maka hasil total harga akan muncul:


11. Setelah tabel sudah siap, jangan lupa untuk mendesign tabel agar terlihat bagus:


TARAAA~~~
Nota Pembelian sudah jadi. Jadi itu tadi adalah cara untuk membuat nota pembelian di microsoft excel, semoga bermanfaat <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS 2E-D3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Malang (KODE SOAL 2)

https://drive.google.com/open?id=1WVyaYIzrgxdQ_NXp0k7DifDYo60s4GF2